7.1
KONVERGENSI, PORTABILITAS ,
DAN PERSONALISASI
1 Konvergensi
Konvergensi
atau konvergensi digital, menggambarkan kombinasi dari beberapa
industri-komputer, Komunikasi, elektronik konsumen, hiburan, dan media
massa-melalui berbagai perangkat yang bertukar data dalam bentuk digital.
2. Portabilitas
ponsel
pintar tentu saja contoh dari portabilitas. Sekarang, berkat meningkatnya iniaturisasi,
kecepatan lebih cepat, dan biaya menurun, lebih dan lebih ponsel dan komponen
elektronik lainnya dapat dijejalkan menjadi gadget yang lebih kecil dan lebih
kecil. Tetapi kita saat ini sangat menyadari, host perangkat lain yang juga
portable: portable media player, kamera digital,Blackberry, komputer notebook,
PDA, tablet PC, dan sejenisnya. Portabilitas juga memiliki terbalik dan
downside.
a. Sisi
Atas Portabilitas
Keuntungan dari portabilitas tampak
jelas salah satu nya menjadi mampu melakukan panggilan telepon dan email dari
mana saja bahwa Anda dapat membuat sambungan, menjaga dengan jaringan sosial
Anda, mendengarkan ratusan lagu di pemutar musik digital seperti iPod,
mengambil foto atau video yang mana saja sesuai kemauan, menonton TV di mana
saja kapan saja. Salah satu alasan bahwa produsen memiliki
ditargetkan mengubah ponsel menjadi hibrida, kebetulan, adalah bahwa orang membawa
mereka di mana pun mereka pergi, tidak seperti komputer laptop, portable media player, atau kamera digital.
ditargetkan mengubah ponsel menjadi hibrida, kebetulan, adalah bahwa orang membawa
mereka di mana pun mereka pergi, tidak seperti komputer laptop, portable media player, atau kamera digital.
b. Sisi
Bawah Portabilitas
sebuah fitur yang menunjukkan nama dan atau nomor penelepon di layar ponsel saat Anda
menerima panggilan masuk.
3. Personalisasi
Dalam
model telekomunikasi pohon-andbranch, penyedia informasi terpusat mengirimkan
pesan melalui banyak saluran untuk ribuan konsumen.sedangkan Dalam model
telekomunikasi beralih-jaringan, pembawa umum memberikan circuit switching
antara pengguna publik; yaitu, koneksi sementara didirikan dengan menutup
sirkuit.
a. Sisi
atas personalisasi
menciptakan daftar sendiri "favorit" atau
"bookmark" pada PC sehingga kita dapat dengan mudah mengakses
situs web favorit kita sendiri.
b. Sisi
bawah personalisasi
Kelemahan dari personalisasi adalah
bahwa orang mungkin merasa terbebani dengan terlalu banyak pilihan. Sebagai
pilihan yang tersedia meningkat, mungkin berikut ini yang terjadi:
1. Menyesal:
Orang lebih cenderung menyesali keputusan mereka.
2. Kelambanan:
Orang lebih cenderung untuk mengantisipasi menyesali keputusan, dan
diantisipasi penyesalan mencegah orang dari benar-benar memutuskan.
diantisipasi penyesalan mencegah orang dari benar-benar memutuskan.
3. harapan
berlebihan: Harapan tentang seberapa baik keputusan akan akan naik. Dengan
demikian, kenyataannya memiliki waktu yang sulit hidup sampai dengan harapan.
4. Self-menyalahkan:
Ketika keputusan harus hasil yang mengecewakan, orang cenderung menyalahkan sendiri,
karena mereka merasa hasil yang kurang memuaskan harus kesalahan mereka.
4.
Teknologi Populer Pribadi
Pada bagian depan, kita
mempertimbangkan jenis berikut pribadi teknologi:
• Media player portabel
• Satelit, radio HD, dan internet
• Kamera digital
• asisten digital pribadi dan tablet PC
• The televisi baru
• E-buku
• Smartphone
• sistem videogame
• Media player portabel
• Satelit, radio HD, dan internet
• Kamera digital
• asisten digital pribadi dan tablet PC
• The televisi baru
• E-buku
• Smartphone
• sistem videogame
8.6
SISTEM INFORMASI DI ORGANISASI: Menggunakan Database
untuk Membantu Membuat Keputusan
untuk Membantu Membuat Keputusan
1.
Kualitas
Informasi Terbaru
secara umum, semua informasi untuk
mendukung pengambilan keputusan yang cerdas dalam sebuah organisasi harus
sebagai berikut:
a. Benar
dan dapat diverifikasi: Ini berarti informasi harus akurat dan checkable.
b. Lengkap namun ringkas: Lengkap
berarti informasi harus mencakup semua data yang relevan. Ringkas berarti
mencakup data yang relevan.
c. Biaya
yang efektif: Ini berarti informasi yang efisien diperoleh dan dimengerti.
d. Saat
ini: saat berarti waktu tepat waktu belum juga sensitif, berdasarkan sejarah, menyajikan
informasi, atau masa depan kebutuhan.
e. diakses:
Ini berarti informasi yang cepat dan mudah didapat.
2.
Arus
Informasi dalam Organisasi: Horizontal antara Departemen & Vertikal antara tingkat
Manajemen
Pertimbangkan setiap
organisasi yang cukup besar dengan yang sudah Anda kenal. tujuannya adalah untuk
melakukan layanan atau mengirimkan produk. Jika itu nirlaba, misalnya, hal itu
mungkin memberikan layanan mendidik siswa atau produk makanan untuk kelaparan korban.
Jika itu berorientasi pada keuntungan, mungkin, misalnya, menjual layanan
penetapan komputer atau produk komputer sendiri. Informasi-apakah komputer
berbasis atau tidak-memiliki mengalir dalam sebuah organisasi dengan cara yang
akan membantu manajer, dan organisasi, mencapai tujuan mereka. Untuk tujuan
ini, organisasi sering terstruktur horisontal dan vertikal-horizontal untuk
mencerminkan fungsi dan vertikal untuk mencerminkan tingkat manajemen.
a. HORIZONTAL
ALIRAN INFORMASI ANTARA ENAM DEPARTMENTS
Tergantung pada layanan atau produk yang
mereka berikan, sebagian besar organisasi memiliki departemen yang melakukan
enam fungsi: penelitian dan pengembangan (R & D), produksi (atau operasi),
pemasaran dan penjualan, akuntansi dan keuangan, sumber daya manusia
(personil), dan sistem informasi.
b. Penelitian
dan pengembangan
Penelitian dan pengembangan (R & D)departemen
melakukan dua hal:
(1) Ini melakukan penelitian dasar, yang
berkaitan penemuan untuk organisasi produk saat ini atau baru.
(2) Itu pengembangan produk dan tes dan
memodifikasi produk atau jasa baru
diciptakan oleh para peneliti. software khusus tersedia untuk membantu ini
fungsi.
diciptakan oleh para peneliti. software khusus tersedia untuk membantu ini
fungsi.
c. Produksi
(operasi)
Departemen produksi membuat produk atau
menyediakan layanan. Dalam perusahaan manufaktur, dibutuhkan baku bahan dan
memiliki orang atau mesin mengubahnya menjadi barang jadi. Di banyak kasus,
departemen ini menggunakan CAD / CAM
perangkat lunak dan workstation, serta robot (dijelaskan pada hal. 438). Dalam
jenis lain dari perusahaan, ini departemen mungkin mengelola beli, menangani persediaan,
dan mengontrol arus barang dan jasa.
d. Pemasaran
dan penjualan
marketing department mengawasi
periklanan,promosi, dan penjualan. Orang-orang dalam rencana departemen ini,
harga, beriklan,mempromosikan, paket, dan mendistribusikan jasa atau barang
kepada pelanggan atau klien. Agen penjualan dapat menggunakan komputer laptop,
ponsel, wireless email, dan faks sementara pekerjaan mereka di jalan.
e. Akuntansi
dan keuangan
Departemen akuntansi dan keuangan menangani
semua masalah keuangan. Ini menangani manajemen kas, membayar tagihan dan
pajak, masalah gaji, pembayaran catatan, membuat investasi, dan mengkompilasi
laporan keuangan dan laporan. Hal ini juga menghasilkan keuangan anggaran dan
prakiraan kinerja keuangan setelah menerima informasi dari departemen lain.
f. Sumber
daya manusia
Sumber daya manusia, atau personil,
departemen menemukan dan mempekerjakan orang dan mengelola cuti sakit dan
pensiun hal Hal ini juga berkaitan dengan tingkat kompensasi, pengembangan
profesional, hubungan karyawan, dan peraturan pemerintah.
g. sistem
informasi (IS)
Departemen IS mengelola organisasi sistem
berbasis komputer dan rencana untuk dan pembelian yang baru.
h.
VERTIKAL
ALIRAN INFORMASI ANTARA TINGKAT MANAJEMEN
organisasi besar tradisional memiliki
tiga tingkat manajemen-strategis manajemen, manajemen taktis, dan manajemen
operasional. tingkat ini dapat ditunjukkan pada bagan organisasi, gambar
skematik yang menunjukkan hirarki hubungan formal diantara karyawan organisasi.
Manajer pada masing-masing tiga tingkat memiliki berbagai tingkat tanggung
jawab dan karena itu diperlukan untuk membuat berbagai jenis keputusan.
3.
Sistem Informasi Berbasis Komputer
Tujuan dari
sistem informasi berbasis komputer adalah untuk memberikan manajer (Dan
berbagai kategori karyawan) dengan jenis yang tepat dari informasi ntuk
membantu mereka membuat keputusan. Hal ini digunakan untuk mengumpulkan dan
menganalisis data dari semua departemen dan dirancang untuk memberikan
manajemen organisasi dengan up-to-date informasi setiap saat. Ada beberapa
jenis komputer berbasis sistem informasi, yang melayani berbagai tingkat
manajemen:
• sistem informasi Kantor
• sistem pengolahan transaksi
• Sistem Informasi Manajemen
• Sistem pendukung keputusan
• sistem pendukung Executive
• Sistem pakar
• sistem informasi Kantor
• sistem pengolahan transaksi
• Sistem Informasi Manajemen
• Sistem pendukung keputusan
• sistem pendukung Executive
• Sistem pakar
4.
Sistem Informasi Kantor
sistem kantor informasi (OISS), juga
disebut sistem otomatisasi kantor (OASs), menggabungkan berbagai teknologi
untuk mengurangi tenaga kerja manual diperlukan dalam mengoperasikan lingkungan
kantor yang efisien dan untuk meningkatkan produktifitas. Digunakan di seluruh
tingkat organisasi, teknologi OIS termasuk fax, voice mail, email, software
penjadwalan, pengolah kata, dan desktop publishing, antara lain. Tulang
punggung dari OIS adalah jaringan-LAN, intranet, extranet-yang menghubungkan semuanya.
Semua kantor fungsi-dikte, mengetik, pengarsipan, menyalin, fax, mikrofilm dan
catatan manajemen, panggilan telepon dan switchboard operasi-adalah kandidat
untuk integrasi ke jaringan.
5.
Sistem Pemrosesan Transaksi
Di kebanyakan organisasi, khususnya
organisasi bisnis, sebagian besar dari apa berlangsung sebagian besar terdiri
dari informasi yang terstruktur yang dikenal sebagai transaksi.Sebuah transaksi
adalah acara rekaman yang berkaitan dengan kegiatan bisnis rutin. Sebuah
transaksi dapat dicatat secara manual atau melalui sistem komputer
dan mencakup segala sesuatu tentang produk atau layanan di mana organisasi bergerak: produksi, distribusi, penjualan, order. Juga termasuk bahan yang dibeli, karyawan yang dipekerjakan, pajak yang dibayar, dan sebagainya. Hari ini di kebanyakan organisasi, sebagian besar transaksi tersebut dicatat dalam sistem informasi berbasis komputer. Sistem ini cenderung telah jelas input dan output, dan ada penekanan pada efisiensi dan akurasi.pemrosesan transaksi sistem data rekam tapi melakukan sedikit di jalan mengkonversi data menjadi informasi.
dan mencakup segala sesuatu tentang produk atau layanan di mana organisasi bergerak: produksi, distribusi, penjualan, order. Juga termasuk bahan yang dibeli, karyawan yang dipekerjakan, pajak yang dibayar, dan sebagainya. Hari ini di kebanyakan organisasi, sebagian besar transaksi tersebut dicatat dalam sistem informasi berbasis komputer. Sistem ini cenderung telah jelas input dan output, dan ada penekanan pada efisiensi dan akurasi.pemrosesan transaksi sistem data rekam tapi melakukan sedikit di jalan mengkonversi data menjadi informasi.
a. DEFINISI
TIPS
Sebuah sistem pemrosesan transaksi (TPS)
adalah sistem informasi berbasis komputer yang melacak transaksi diperlukan
untuk melakukan bisnis.
b.
FITUR
DARI TPS
-Input dan output
-manajer operasional
-Menghasilkan laporan
-Satu TPS untuk setiap departemen
-Dasar MIS dan DSS
6.
Sistem Informasi Manajemen
a. DEFINISI
MIS, Sebuah sistem informasi manajemen (MIS) (diucapkan "Em-eye-ess")
adalah sistem informasi berbasis komputer yang menggunakan data direkam oleh
TPS sebagai input ke dalam program yang menghasilkan laporan rutin sebagai
output.
b. FITUR
DARI AN Fitur MIS dari MIS adalah sebagai berikut:
·
Masukan dan keluaran
·
Untuk manajer taktis
·
Mengacu dari semua departemen
·
Menghasilkan
beberapa jenis laporan
7.
Sistem Pendukung Keputusan
a. DEFINISI
DSS, Sistem pendukung keputusan (DSS) adalah komputer berbasis
sistem informasi yang menyediakan alat yang fleksibel untuk analisis dan membantu
manajer fokus pada masa depan.
sistem informasi yang menyediakan alat yang fleksibel untuk analisis dan membantu
manajer fokus pada masa depan.
b. FITUR
DARI DSS Beberapa fitur dari DSS adalah sebagai berikut:
•
Input dan output
• Terutama bagi manajer taktis
• Menghasilkan model analitik
• Terutama bagi manajer taktis
• Menghasilkan model analitik
8.
Sistem Pendukung Eksekutif
Disebut juga sistem
informasi eksekutif (EIS), sistem pendukung eksekutif (ESS) adalah mudah
digunakan DSS dibuat khusus untuk manajer strategis; secara khusus mendukung
pengambilan keputusan strategis. Hal ini mengacu pada data yang tidak hanya
dari sistem internal organisasi, tetapi juga dari luar mereka, seperti layanan
berita atau database riset pasar.
ESS mungkin
memungkinkan para eksekutif senior untuk memanggil laporan yang telah
ditetapkan dari komputer pribadi mereka, apakah desktop atau laptop. Mereka mungkin,
untuk Misalnya, memanggil angka penjualan dalam berbagai bentuk-oleh daerah,
demi minggu, tahun diantisipasi, dengan proyeksi kenaikan. ESS mencakup
kemampuan untuk menganalisis data dan melakukan "apa-jika" skenario.
ESSs juga memiliki kemampuan untuk menelusuri informasi dirangkum pada semua
aspek organisasi dan kemudian nol dalam pada ("drill down" untuk)
daerah rinci manajer percaya membutuhkan perhatian. ESSs relatif user-friendly
dan memerlukan sedikit pelatihan untuk menggunakan.
9.
Sistem pakar
Sistem pakar, atau sistem berbasis pengetahuan,
adalah seperangkat program komputer interaktif yang membantu pengguna
memecahkan masalah yang akan dinyatakan
memerlukan bantuan dari manusia ahli.
memerlukan bantuan dari manusia ahli.
EmoticonEmoticon