Thursday, January 12, 2017

7.1 KONVERGENSI, PORTABILITAS , DAN PERSONALISASI dan 8.6 SISTEM INFORMASI DI ORGANISASI

Tags



7.1 KONVERGENSI, PORTABILITAS , DAN PERSONALISASI
 1    Konvergensi
Konvergensi atau konvergensi digital, menggambarkan kombinasi dari beberapa industri-komputer, Komunikasi, elektronik konsumen, hiburan, dan media massa-melalui berbagai perangkat yang bertukar data dalam bentuk digital.

2.      Portabilitas
ponsel pintar tentu saja contoh dari portabilitas. Sekarang, berkat meningkatnya iniaturisasi, kecepatan lebih cepat, dan biaya menurun, lebih dan lebih ponsel dan komponen elektronik lainnya dapat dijejalkan menjadi gadget yang lebih kecil dan lebih kecil. Tetapi kita saat ini sangat menyadari, host perangkat lain yang juga portable: portable media player, kamera digital,Blackberry, komputer notebook, PDA, tablet PC, dan sejenisnya. Portabilitas juga memiliki terbalik dan downside.

a.       Sisi Atas Portabilitas
Keuntungan dari portabilitas tampak jelas salah satu nya menjadi mampu melakukan panggilan telepon dan email dari mana saja bahwa Anda dapat membuat sambungan, menjaga dengan jaringan sosial Anda, mendengarkan ratusan lagu di pemutar musik digital seperti iPod, mengambil foto atau video yang mana saja sesuai kemauan, menonton TV di mana saja kapan saja. Salah satu alasan bahwa produsen memiliki
ditargetkan mengubah ponsel menjadi hibrida, kebetulan, adalah bahwa orang membawa
mereka di mana pun mereka pergi, tidak seperti komputer laptop, portable media player, atau kamera digital.
b.      Sisi Bawah Portabilitas
sebuah fitur yang menunjukkan nama dan  atau nomor penelepon di layar ponsel saat Anda menerima panggilan masuk.

3.      Personalisasi
Dalam model telekomunikasi pohon-andbranch, penyedia informasi terpusat mengirimkan pesan melalui banyak saluran untuk ribuan konsumen.sedangkan Dalam model telekomunikasi beralih-jaringan, pembawa umum memberikan circuit switching antara pengguna publik; yaitu, koneksi sementara didirikan dengan menutup sirkuit.
a.       Sisi atas personalisasi
menciptakan daftar  sendiri "favorit" atau "bookmark" pada PC sehingga kita dapat dengan mudah mengakses situs web favorit kita sendiri.
b.      Sisi bawah personalisasi
Kelemahan dari personalisasi adalah bahwa orang mungkin merasa terbebani dengan terlalu banyak pilihan. Sebagai pilihan yang tersedia meningkat, mungkin berikut ini yang terjadi:
1.       Menyesal: Orang lebih cenderung menyesali keputusan mereka.
2.       Kelambanan: Orang lebih cenderung untuk mengantisipasi menyesali keputusan, dan
diantisipasi penyesalan mencegah orang dari benar-benar memutuskan.
3.       harapan berlebihan: Harapan tentang seberapa baik keputusan akan akan naik. Dengan demikian, kenyataannya memiliki waktu yang sulit hidup sampai dengan harapan.
4.       Self-menyalahkan: Ketika keputusan harus hasil yang mengecewakan, orang cenderung menyalahkan sendiri, karena mereka merasa hasil yang kurang memuaskan harus kesalahan mereka.


4.      Teknologi Populer Pribadi
Pada bagian depan, kita mempertimbangkan jenis berikut pribadi teknologi:
• Media player portabel
• Satelit, radio HD, dan internet
• Kamera digital
• asisten digital pribadi dan tablet PC
• The televisi baru
• E-buku
• Smartphone
• sistem videogame




8.6 SISTEM INFORMASI DI ORGANISASI: Menggunakan Database
untuk Membantu Membuat Keputusan

1.      Kualitas Informasi Terbaru
secara umum, semua informasi untuk mendukung pengambilan keputusan yang cerdas dalam sebuah organisasi harus sebagai berikut:
a.       Benar dan dapat diverifikasi: Ini berarti informasi harus akurat dan checkable.
b.      Lengkap namun ringkas: Lengkap berarti informasi harus mencakup semua data yang relevan. Ringkas berarti mencakup data yang relevan.
c.       Biaya yang efektif: Ini berarti informasi yang efisien diperoleh dan dimengerti.
d.      Saat ini: saat berarti waktu tepat waktu belum juga sensitif, berdasarkan sejarah, menyajikan informasi, atau masa depan kebutuhan.
e.      diakses: Ini berarti informasi yang cepat dan mudah didapat.

2.      Arus Informasi dalam Organisasi: Horizontal antara Departemen & Vertikal antara tingkat Manajemen
Pertimbangkan setiap organisasi yang cukup besar dengan yang sudah Anda kenal. tujuannya adalah untuk melakukan layanan atau mengirimkan produk. Jika itu nirlaba, misalnya, hal itu mungkin memberikan layanan mendidik siswa atau produk makanan untuk kelaparan korban. Jika itu berorientasi pada keuntungan, mungkin, misalnya, menjual layanan penetapan komputer atau produk komputer sendiri. Informasi-apakah komputer berbasis atau tidak-memiliki mengalir dalam sebuah organisasi dengan cara yang akan membantu manajer, dan organisasi, mencapai tujuan mereka. Untuk tujuan ini, organisasi sering terstruktur horisontal dan vertikal-horizontal untuk mencerminkan fungsi dan vertikal untuk mencerminkan tingkat manajemen.
a.       HORIZONTAL ALIRAN INFORMASI ANTARA ENAM DEPARTMENTS
Tergantung pada layanan atau produk yang mereka berikan, sebagian besar organisasi memiliki departemen yang melakukan enam fungsi: penelitian dan pengembangan (R & D), produksi (atau operasi), pemasaran dan penjualan, akuntansi dan keuangan, sumber daya manusia (personil), dan sistem informasi.
b.      Penelitian dan pengembangan
Penelitian dan pengembangan (R & D)departemen melakukan dua hal:
(1) Ini melakukan penelitian dasar, yang berkaitan penemuan untuk organisasi produk saat ini atau baru.
(2) Itu pengembangan produk dan tes dan memodifikasi produk atau jasa baru
diciptakan oleh para peneliti. software khusus tersedia untuk membantu ini
fungsi
.
c.       Produksi (operasi)
Departemen produksi membuat produk atau menyediakan layanan. Dalam perusahaan manufaktur, dibutuhkan baku bahan dan memiliki orang atau mesin mengubahnya menjadi barang jadi. Di banyak kasus, departemen ini  menggunakan CAD / CAM perangkat lunak dan workstation, serta robot (dijelaskan pada hal. 438). Dalam jenis lain dari perusahaan, ini departemen  mungkin mengelola beli, menangani persediaan, dan mengontrol arus barang dan jasa.
d.      Pemasaran dan penjualan
marketing department mengawasi periklanan,promosi, dan penjualan. Orang-orang dalam rencana departemen ini, harga, beriklan,mempromosikan, paket, dan mendistribusikan jasa atau barang kepada pelanggan atau klien. Agen penjualan dapat menggunakan komputer laptop, ponsel, wireless email, dan faks sementara pekerjaan mereka di jalan.
e.       Akuntansi dan keuangan
Departemen akuntansi dan keuangan menangani semua masalah keuangan. Ini menangani manajemen kas, membayar tagihan dan pajak, masalah gaji, pembayaran catatan, membuat investasi, dan mengkompilasi laporan keuangan dan laporan. Hal ini juga menghasilkan keuangan anggaran dan prakiraan kinerja keuangan setelah menerima informasi dari departemen lain.
f.       Sumber daya manusia
Sumber daya manusia, atau personil, departemen menemukan dan mempekerjakan orang dan mengelola cuti sakit dan pensiun hal Hal ini juga berkaitan dengan tingkat kompensasi, pengembangan profesional, hubungan karyawan, dan peraturan pemerintah.
g.      sistem informasi (IS)
 Departemen IS mengelola organisasi sistem berbasis komputer dan rencana untuk dan pembelian yang baru.
h.      VERTIKAL ALIRAN INFORMASI ANTARA TINGKAT MANAJEMEN
organisasi besar tradisional memiliki tiga tingkat manajemen-strategis manajemen, manajemen taktis, dan manajemen operasional. tingkat ini dapat ditunjukkan pada bagan organisasi, gambar skematik yang menunjukkan hirarki hubungan formal diantara karyawan organisasi. Manajer pada masing-masing tiga tingkat memiliki berbagai tingkat tanggung jawab dan karena itu diperlukan untuk membuat berbagai jenis keputusan.

3.      Sistem Informasi Berbasis Komputer
Tujuan dari sistem informasi berbasis komputer adalah untuk memberikan manajer (Dan berbagai kategori karyawan) dengan jenis yang tepat dari informasi ntuk membantu mereka membuat keputusan. Hal ini digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari semua departemen dan dirancang untuk memberikan manajemen organisasi dengan up-to-date informasi setiap saat. Ada beberapa jenis komputer berbasis sistem informasi, yang melayani berbagai tingkat manajemen:
• sistem informasi Kantor
• sistem pengolahan transaksi
• Sistem Informasi Manajemen
• Sistem pendukung keputusan
• sistem pendukung Executive
• Sistem pakar

4.      Sistem Informasi Kantor
sistem kantor informasi (OISS), juga disebut sistem otomatisasi kantor (OASs), menggabungkan berbagai teknologi untuk mengurangi tenaga kerja manual diperlukan dalam mengoperasikan lingkungan kantor yang efisien dan untuk meningkatkan produktifitas. Digunakan di seluruh tingkat organisasi, teknologi OIS termasuk fax, voice mail, email, software penjadwalan, pengolah kata, dan desktop publishing, antara lain. Tulang punggung dari OIS adalah jaringan-LAN, intranet, extranet-yang menghubungkan semuanya. Semua kantor fungsi-dikte, mengetik, pengarsipan, menyalin, fax, mikrofilm dan catatan manajemen, panggilan telepon dan switchboard operasi-adalah kandidat untuk integrasi ke jaringan.

5.      Sistem Pemrosesan Transaksi
Di kebanyakan organisasi, khususnya organisasi bisnis, sebagian besar dari apa berlangsung sebagian besar terdiri dari informasi yang terstruktur yang dikenal sebagai transaksi.Sebuah transaksi adalah acara rekaman yang berkaitan dengan kegiatan bisnis rutin. Sebuah transaksi dapat dicatat secara manual atau melalui sistem komputer
dan mencakup segala sesuatu tentang produk atau layanan di mana organisasi bergerak: produksi, distribusi, penjualan, order. Juga termasuk bahan yang dibeli, karyawan yang dipekerjakan, pajak yang dibayar, dan sebagainya. Hari ini di kebanyakan organisasi, sebagian besar transaksi tersebut dicatat dalam sistem informasi berbasis komputer. Sistem ini cenderung telah jelas input dan output, dan ada penekanan pada efisiensi dan akurasi.pemrosesan transaksi sistem data rekam tapi melakukan sedikit di jalan mengkonversi data menjadi informasi.
a.       DEFINISI TIPS
Sebuah sistem pemrosesan transaksi (TPS) adalah sistem informasi berbasis komputer yang melacak transaksi diperlukan untuk melakukan bisnis.
b.      FITUR DARI TPS
-Input dan output
-manajer operasional
-Menghasilkan laporan
-Satu TPS untuk setiap departemen
-Dasar MIS dan DSS
6.      Sistem Informasi Manajemen
a.       DEFINISI MIS, Sebuah sistem informasi manajemen (MIS) (diucapkan "Em-eye-ess") adalah sistem informasi berbasis komputer yang menggunakan data direkam oleh TPS sebagai input ke dalam program yang menghasilkan laporan rutin sebagai output.
b.      FITUR DARI AN Fitur MIS dari MIS adalah sebagai berikut:
·         Masukan dan keluaran
·         Untuk manajer taktis
·         Mengacu dari semua departemen
·         Menghasilkan beberapa jenis laporan



7.      Sistem Pendukung Keputusan
a.       DEFINISI DSS, Sistem pendukung keputusan (DSS) adalah komputer berbasis
sistem informasi yang menyediakan alat yang fleksibel untuk analisis dan membantu
manajer fokus pada masa depan.
b.      FITUR DARI DSS Beberapa fitur dari DSS adalah sebagai berikut:
• Input dan output
• Terutama bagi manajer taktis
• Menghasilkan model analitik

8.      Sistem Pendukung Eksekutif
Disebut juga sistem informasi eksekutif (EIS), sistem pendukung eksekutif (ESS) adalah mudah digunakan DSS dibuat khusus untuk manajer strategis; secara khusus mendukung pengambilan keputusan strategis. Hal ini mengacu pada data yang tidak hanya dari sistem internal organisasi, tetapi juga dari luar mereka, seperti layanan berita atau database riset pasar.
ESS mungkin memungkinkan para eksekutif senior untuk memanggil laporan yang telah ditetapkan dari komputer pribadi mereka, apakah desktop atau laptop. Mereka mungkin, untuk Misalnya, memanggil angka penjualan dalam berbagai bentuk-oleh daerah, demi minggu, tahun diantisipasi, dengan proyeksi kenaikan. ESS mencakup kemampuan untuk menganalisis data dan melakukan "apa-jika" skenario. ESSs juga memiliki kemampuan untuk menelusuri informasi dirangkum pada semua aspek organisasi dan kemudian nol dalam pada ("drill down" untuk) daerah rinci manajer percaya membutuhkan perhatian. ESSs relatif user-friendly dan memerlukan sedikit pelatihan untuk menggunakan.

9.      Sistem pakar
Sistem pakar, atau sistem berbasis pengetahuan, adalah seperangkat program komputer interaktif yang membantu pengguna memecahkan masalah yang akan dinyatakan
memerlukan bantuan dari manusia ahli
.
 


EmoticonEmoticon