Thursday, January 12, 2017

(RIZKYA AMINI) 8.5 DATABASES & THE DIGITAL ECONOMY dan 10.6 MARKUP & SCRIPTING LANGUAGES

Tags


8.5 DATABASES & THE DIGITAL ECONOMY: E-Bisnis & E-Commerce
BASIS DATA DAN EKONOMI DIGITAL


Suatu waktu ada perbedaan antara Ekonomi Lama dan Ekonomi Baru. Yang pertama yaitu terdiri dari pembuat perusahaan mobil tradisional, obat-obatan, pengecer, penerbit. Yang kedua terdiri dari komputer, telekomunikasi, dan perusahaan internet (AOL, Amazon, eBay, dan perusahaan rakit "dot-com"). Bagaimanapun, sebagian besar perusahaan Ekonomi Lama telah menyerap teknologi baru internet-driven, dan perbedaan antara kedua sektor ini menyusut. Dengan kata lain, sebagian besar perusahaan sekarang terlibat dalam e-bisnis, menggunakan internet untuk memfasilitasi setiap aspek untuk menjalankan bisnis. Sebagaimana salah satu artikel mengatakan: "Di bawah internet adalah alat yang secara dramatis menurunkan biaya komunikasi. Itu berarti secara radikal dapat mengubah setiap industri atau kegiatan yang tergantung pada arus informasi.”
Salah satu tanda pertumbuhan adalah bahwa jumlah host komputer internet sudah hampir mencapai dua kali lipat setiap tahun. Namun menjamurnya jaringan komputer dan popularitas booming dari World Wide Web yang paling jelas adalah tanda-tanda ekonomi digital. Di belakang mereka terletak sesuatu yang sama pentingnya: pertumbuhan toko besar informasi dalam database.



E-Commerce: Online Buying & Selling

Internet mungkin tetap berbasis teks dari akademisi dan peneliti itu tidak pernah berkontribusi kreatif dari Tim Berners-Lee. Dia adalah ilmuwan komputer yang datang dengan sistem pengkodean (hypertext markup bahasa, atau HTML), keterkaitan, dan skema pengalamatan (URL) yang memulai debutnya pada tahun 1991 sebagai grafis-sarat dan multimedia World Wide Web. "Sulit untuk melebih-lebihkan dampak dari sistem global yang ia ciptakan," penulis negara teknologi Joshua Quittner. "Dia mengambil sistem komunikasi yang kuat [internet] yang hanya elit bisa menggunakan, dan mengubahnya menjadi media massa. " Kedatangan web, dibantu oleh pertumbuhan dan kecanggihan meningkat database yang sangat besar, menyebabkan e-commerce, atau perdagangan elektronik,
pembelian dan penjualan produk dan layanan melalui jaringan komputer. “E-commerce adalah membentuk kembali seluruh industri dan pembenahan gagasan tentang apa itu
perusahaan. Memang, belanja online tumbuh lebih cepat dari peningkatan penggunaan komputer, yang telah didorong oleh jatuhnya harga komputer pribadi. Dua perusahaan elektronik terkenal adalah Amazon.com, yang menjual buku dan barang-barang lainnya, lalu priceline. com, yang memungkinkan Anda membayar tiket pesawat dan kamar hotel. (EBay dianggap sebuah belanja online bazaar, atau tempat pelelangan, bukan pengecer online.) Mungkin contoh yang paling utama e-commerce adalah Amazon.com.


CONTOH E-COMMERCE: AMAZON.COM
Pada tahun 1994, melihat potensi ritel elektronik di
World Wide Web, Jeffrey Bezos meninggalkan karir suksesnya di Wall Street untuk meluncurkan toko buku online yang disebut Amazon.com. Mengapa nama "Amazon"? "Sungai terbesar dibumi, toko buku terbesar Bumi," kata Bezos dalam sebuah wawancara 1996. "Sungai Amazon luasnya sepuluh kali lebih besar daripada sungai terbesar berikutnya, Mississippi, dalam hal volume air. Dua puluh persen dari dunia air tawar adalah di Amazon River Basin, dan kami memiliki enam kali lebih banyak judul sebagai toko buku fisik terbesar di dunia. " Alasan yang lebih keras kepala menurut tes konsumen, kata yang dimulai dengan "A" muncul di searchengine daftar pertama. Namun, Bezos menyadari bahwa tidak ada toko buku dengan empat dinding bisa memiliki saham lebih dari 2,5 juta judul yang sekarang aktif dan di cetak. Selain itu, ia melihat bahwa toko buku online tidak harus membuat investasi yang sama di pegawai ritel, toko real estate, atau ruang gudang (di awal, Amazon.com memerintahkan buku-buku dari penerbit setelah mengambil pesanan buku pembeli), sehingga itu bisa lulus tabungan bersama untuk pelanggan dalam bentuk diskon. Sebagai tambahan,
dia menghargai bahwa akan ada peluang untuk mendapatkan informasi demografis tentang pelanggan untuk menawarkan layanan pribadi. Sebagai contoh, Amazon membiarkan pelanggan tahu dari buku-buku yang mungkin menarik bagi mereka. Perhatian pribadi seperti ini sulit untuk toko-toko buku besar tradisional. Akhirnya, Bezos melihat mungkin ada banyak dari interaksi online: pelanggan bisa posting review dari buku yang mereka baca dan bisa menghubungi penulis melalui email  untuk memberikan umpan balik. Semua ini dimungkinkan di web dengan pencatatan informasi di database raksasa.
Amazon.com menjual buku pertamanya pada bulan Juli 1995, dan pada tahun 2008 adalah No 1 di Top Internet Pengecer 500 Halaman, dengan penjualan $ 4060000000. Yang dimulai menjadi toko buku terbesar didunia juga telah dengan menjadi toko apa saja terbesar didunia, seperti menawarkan CD, DVD, video, elektronik, mainan, alat, perabot rumah, pakaian, obat resep, dan film pengolahan layanan. Untuk waktu yang lama perusahaan menempatkan pasar saham menuju keuntungan, tapi sekarang berfokus pada keuntungan.



PENGECER ONLINE: E-Tailers

Beberapa bisnis e-commerce juga dikenal sebagai e-tailers, atau pengecer elektronik. Efektivitas e-tailing terbukti awal 1997, ketika Dell Computer dilaporkan menerima pesanan bernilai jutaan dolar di website-nya. E-tailing telah menghasilkan pengembangan e-tailware, alat software ntuk membuat katalog online dan mengelola bisnis terhubung dengan melakukan ritel online. Beberapa kelompok e-commerce (seperti shopping.com dan Shopzilla) menawarkan website perbandingan harga yang dapat dengan cepat membandingkan harga dari sejumlah e-tailers yang berbeda dan menghubungkan Anda dengan mereka. Beberapa teknologi yang sangat menarik yang telah membantu pengecer online bertahan hidup adalah sebagai berikut:
• 360 derajat: Orang-orang mungkin juga membeli buku atau komputer dari web atas dasar sebuah foto buram, tapi sweater atau sofa? Hari ini teknologi zoom memungkinkan untuk pemeriksaan dekat untuk apapun. Dengan teknologi dari IPIX, gambar 360 derajat yang dapat dibuat dengan menggunakan hanya dari dua foto standar.
• Pelacakan Order: Rata-rata paket Federal Express (FedEx) dipindai antara 15 dan 20 kali antara pickup dan pengiriman, dengan lokasi masing-masing paket disimpan dalam database. Untuk waktu yang lama, FedEx menggunakan pelacakan perintah untuk penggunaan internal, tetapi pada tahun 1994 perusahaan mengubahnya menjadi pelanggan layanan Aplikasi pemasaran yang brilian. Sekarang semua pelanggan bisa melacak pesanan mereka.
• Bots Shop: Pembelian barang secara online juga telah difasilitasi oleh kedatangan berbelanja bots shop robots-, atau perdagangan agen, program concierge yang membantu pengguna mencari di internet untuk produk atau layanan tertentu, kemudian memunculkan perbandingan harga, lokasi, dan informasi lainnya. Contoh bot toko yaitu mySimon, DealTime, PriceGrabber.com, Shop-Bot.com, dan BookFinder.com

Jenis E-Commerce Sistem: B2B, B2C & C2C

Tiga jenis utama dari sistem e-commerce adalah Business-to-Business (B2B), Business-to-Consumer (B2C), dan Consumer-to-Consumer (C2C).

SISTEM BUSINESS-TO-BUSINESS (B2B)

Dalam sistem Business-to-Business (B2B) , bisnis menjual ke bisnis lain menggunakan internet atau jaringan swasta untuk memotong biaya transaksi dan meningkatkan efisiensi. Selain menjual produk, bisnis menjual iklan, pelatihan karyawan, penelitian pasar, dukungan teknis, layanan perbankan, dan dukungan bisnis jasa lainnya. Pertukaran B2B online telah dikembangkan untuk melayani berbagai usaha, dari produsen baja dan pesawat terbang dengan toko-toko untuk produsen minyak zaitun. Nama yang diberikan untuk sistem ini adalah web bisnis, atau b-web, di mana pemasok,distributor, pelanggan, dan penyedia layanan e-commerce menggunakan internet untuk komunikasi dan transaksi. Selain itu, b-jaring diharapkan memberikan penghasilan tambahan dari layanan tambahan, seperti pembiayaan dan logistik. Tak satu pun dari inovasi ini tanpa database dan garis komunikasi yang menghubungkan mereka. B2B yang digunakan sebagian besar melalui garis leased komunikasi; bagaimanapun, banyak bisnis B2B menggunakan internet,extranet, dan / atau jaringan pribadi virtual.

SISTEM BUSINESS-TO-CONSUMER (B2C)

Dalam sistem business-to-consumer (B2C), bisnis menjual barang atau jasa kepada konsumen, atau anggota dari masyarakat umum. Sistem e-commerce jenis ini dasarnya menghilangkan perantara dan sering untuk kebutuhan fisik toko ( "Batu bata-dan- mortir"). Contoh B2C sistem adalah dari Amazon.com dan Barnes andNoble.com, serta banyak lembaga keuangan dan pemerintah AS.

SISTEM CONSUMER-TO-CONSUMER (C2C)

Dalam sistem consumer-to-consumer (C2C), konsumen menjual barang atau jasa secara langsung kepada konsumen lainnya, sering dengan pihak ketiga, seperti eBay, perusahaan lelang online. Perantara seperti memediasi antara konsumen yang ingin membeli dan menjual, mengambil persentase kecil dari keuntungan penjual sebagai biaya. Contoh pertukaran C2C adalah iklan baris (seperti TradingPost.com), musik dan file sharing (morpheus.com), karir dan pekerjaan website (Monster.com), sosial atau situs kencan (myspace.com, friendster.com), dan komunitas online (craigslist.org). Keuntungan dari C2C e-commerce yang paling sering adalah minimnya biaya dan basis pelanggan yang lebih kecil tapi menguntungkan. Juga memberikan cara pemilik usaha kecil untuk menjual barang barang mereka tanpa menjalankan toko batu bata-dan-mortir yanh mahal.



10.6 MARKUP & SCRIPTING LANGUAGES
MARKUP DAN BAHASA SCRIPT

Bahasa markup adalah semacam koding, atau "tanda," yang dimasukkan ke dalam teks yang merincikan tentang struktur dan penampilan teks. Bahasa markup memiliki kode untuk menunjukkan tata letak dan permodelan (seperti tebal, miring, paragraf, penyisipan grafis, dan sebagainya) dalam file misalnya teks, HTML.
Nama "markup" berasal dari penerbitan tradisional praktek "mark up", yaitu menambahkan instruksi printer di margin dari naskah kertas. Beberapa contoh awal dari bahasa markup tersedia di luar penerbitan industri yang dapat ditemukan di alat typesetting pada sistem Unix. Dalam sistem, perintah format yang dimasukkan ke dalam dokumen teks, sehingga software typesetting bisa memformat teks sesuai dengan spesifikasi editor. Setelah beberapa saat, kebanyakan bahasa markup memiliki banyak fitur yang sama. Hal ini menyebabkan penciptaan SGML (Standard Generalized Markup Language), yang ditentukan sintaks termasuk markup dalam dokumen, serta sistem lain (yang disebut metabahasa) secara terpisah menjelaskan apa itu markup. Hal ini memungkinkan penulis untuk membuat dan menggunakan markup yang diharapkan, memilih tanda yang membuat paling masuk akal bagi mereka. SGML dikembangkan dan distandarisasi oleh International Organization for Standards (ISO) pada tahun 1986.


SGML digunakan secara luas untuk mengelola dokumen besar yang sering revisi dan perlu dicetak dalam format yang berbeda. Karena merupakan sistem besar dan kompleks, belum banyak digunakan pada komputer pribadi. Ini berubah secara dramatis ketika Tim Berners-Lee menggunakan beberapa sintaks SGML, tanpa metabahasa, untuk menciptakan HTML (Hypertext Markup Language). HTML mungkin format dokumen yang paling banyak digunakan di dunia saat ini.
Bagi sebagian orang, script mungkin menyulap gambar dari aktor dan aktris di panggung suara berlatih dari buku teks. Script mirip dengan makro yang digunakan dalam Microsoft Word atau batch file yang digunakan dalam hari-hari awal DOS, yang keduanya dilakukan mulai dari menghasilkan teks ke menampilkan tanggal dan waktu. Karena mereka adalah self-executing, script dapat melakukan pekerjaan mereka tanpa keterlibatan pengguna, meskipun beberapa diprakarsai oleh tindakan pengguna (seperti klik mouse) dan lain-lain memerlukan input pengguna untuk menyelesaikan tugas. Secara umum, bahasa script lebih mudah dan lebih cepat daripada kode terstruktur, seperti C dan C++ ideal untuk kemampuan program yang sangat terbatas.
Berikut adalah beberapa markup dan scripting bahasa populer.

HTML: Untuk Membuat 2-D Dokumen Web & Link

HTML (Hypertext Markup Language) adalah Bahasa markup yang memungkinkan orang menciptakan layar dokumen untuk internet yang dengan mudah dihubungkan dengan kata-kata dan gambar ke dokumen lain. HTML adalah jenis kode yang menyematkan perintah sederhana dalam standar dokumen Teks ASCII untuk memberikan tampilan terpadu, dua dimensi teks dan grafis. Dengan kata lain, dokumen dibuat dalam pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII menjadi sebuah halaman web dengan penambahan beberapa perintah HTML. Salah satu fitur utama dari HTML adalah kemampuan untuk memasukkan link hypertext ke dalam dokumen. Link hypertext memungkinkan Anda untuk menampilkan dokumen web lain hanya dengan mengklik link daerah yang biasanya digarisbawahi atau disorot pada layar Anda. Satu dokumen mungkin berisi link ke dokumen terkait. Sebuah link mungkin sebuah kata, kelompok kata, atau gambar.


VRML: Untuk Membuat 3-D Halaman Web

Mark Pesce dan Tony Parisi membuat VRML di Silicon Graphics pada tahun 1994. VRML berima dengan "thermal." VRML (Virtual Reality Modeling [atau Markup] Language) adalah jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat tiga dimensi pada halaman web termasuk animasi interaktif. Meskipun desainer VRML ingin membiarkan nonprogrammer menciptakan ruang virtual mereka sendiri dengan cepat dan tanpa rasa sakit. Itu tidak sesederhana menggambarkan halaman dalam HTML. Namun, banyak model CAD dan alat sekarang yang menawarkan dukungan VRML, dan baru perangkat lunak VRML berpusat tiba. Contoh adegan VRML mungkin ruang virtual di mana pemirsa dapat menggunakan kontrol untuk bergerak di dalam ruangan (atau memindahkan ruangan itu sendiri) meskipun ia sedang berjalan-jalan di ruang nyata. Untuk melihat file VRML, pengguna memerlukan browser VRML khusus (di samping sebuah koneksi internet dan web browser). Browser VRML  menafsirkan VRML perintah dan memungkinkan pengguna berinteraksi dengan dunia maya. VRML browser biasanya bekerja sebagai plug-in untuk browser web tradisional, browser terbaru mungkin sudah memiliki browser VRML sesuai plug-in yang diinstal. Ada beberapa browser VRML untuk pengguna Windows, seperti Cosmo dan Cortona. Desainer web menggunakan software terbaru seperti WireFusion untuk membuat komponen halaman web 3-D yang tidak lagi memerlukan plug-in untuk pengguna untuk melihat mereka dengan browser mereka. (Penerus VRML disebut X3D.)


XML: Untuk Pembuatan Web Work Better


Bahasa markup yang lebih baru adalah XML, standar dikelola oleh World Wide Web Consortium untuk menciptakan bahasa markup untuk tujuan khusus. XML (eXtensible Markup Language) adalah metabahasa (bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan bahasa lain) yang ditulis dalam SGML yang memungkinkan seseorang untuk memfasilitasi pertukaran dokumen di internet. Tidak seperti HTML, yang menggunakan satu set tanda "dikenal", XML memungkinkan Anda untuk membuat tag yang Anda ingin dan kemudian menggambarkan tag tersebut di metabahasa yang dikenal sebagai DTD (Document Type Definition). XML mirip dengan konsep SGML, dan pada kenyataannya XML adalah bagian dari SGML secara umum. Tujuan utama dari XML (sebagai lawan SGML) adalah untuk menjaga sistem sederhana dengan berfokus pada masalah dokumen tertentu di internet. Dimana HTML memudahkan manusia untuk membaca website, XML memudahkan mesin untuk membaca website dengan memungkinkan pengembang web untuk menambahkan "tag" lebih ke halaman web. Saat ini, ketika Anda menggunakan browser untuk mencari website, mesin pencari dapat muncul terlalu banyak, sehingga sulit untuk menemukan situs tertentu. 
Berikut adalah contoh dari XML dan HTML. Perhatikan bahwa laporan XML menentukan isi data, sedangkan garis HTML menangani font dan display (tebal). XML mendefinisikan "apa itu," dan HTML mendefinisikan "terlihat bagaimana."
XML
<firstName>Maria</firstName>
<lastName>Roberts</lastName>
<dateBirth>10-29-52</dateBirth>
HTML
<font size _ “3”>Maria Roberts</font>
<b>October 29, 1952<b>

JavaScript: Untuk Halaman Web Dinamis

JavaScript adalah bahasa script berorientasi objek populer yang banyak
didukung dalam web browser. Ia menambahkan fungsi interaktif untuk halaman HTML,
yang dinyatakan statis, karena HTML adalah bahasa tampilan, bukan bahasa pemrograman.
JavaScript lebih mudah digunakan daripada Java tapi tidak kuat dan berkaitan dengan elemen pada halaman web. JavaScript awalnya dikembangkan oleh Netscape Communications dengan nama "LiveScript" tapi kemudian berganti nama menjadi "JavaScript" dan diberikan sintaks lebih dekat dengan bahasa Java Sun Microsystems. Banyak situs web desainer menggunakan teknologi JavaScript untuk membuat aplikasi web dinamis. Salah satu penggunaan utama dari JavaScript adalah untuk menulis fungsi kecil yang tertanam di halaman HTML dan berinteraksi dengan browser untuk melakukan tugas-tugas tertentu tidak mungkin dalam HTML statis saja, seperti membuka jendela baru dan mengubah gambar sebagai kursor mouse bergerak diatas mereka.



ActiveX: Untuk Membuat Halaman Web Interaktif

ActiveX dikembangkan oleh Microsoft sebagai alternatif untuk Java yang diciptakan untuk
interaktivitas pada halaman web. Memang, Java dan ActiveX adalah dua pesaing utama
dalam perang web untuk mengubah World Wide Web menjadi lingkungan lengkap
yang interaktif. ActiveX adalah seperangkat kontrol, atau komponen yang dapat digunakan kembali, yang memungkinkan program atau isi dari hampir semua jenis dimasukkan dalam halaman web. Sedangkan Java mengharuskan Anda men-download applet setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, dengan ActiveX komponen download hanya sekali (untuk Windowsbased komputer) dan disimpan pada hard drive Anda untuk nanti diulang. ActiveX dibangun ke Microsoft Internet Explorer dan tersedia sebagai plug-in untuk Mozilla Firefox.
Ciri utama ActiveX adalah fitur komponen gunakan kembali modul kecil kode perangkat lunak yang melakukan tugas-tugas tertentu (seperti ejaan suatu checker), yang mungkin dihubungkan ke aplikasi lain. Dengan ActiveX, Anda dapat memperoleh dari hard disk Anda file apa saja yang cocok untuk web-seperti Java applet, animasi, atau pop-up menu-dan masukkan langsung ke dalam dokumen HTML. Programmer dapat membuat kontrol ActiveX atau komponen dalam berbagai bahasa pemrograman, termasuk C, C, Visual BASIC, dan Java. Ribuan komponen siap pakai ActiveX sekarang tersedia secara komersial  dari berbagai perusahaan pengembangan perangkat lunak.

Perl: Untuk Script CGI

Perl (Practical Extraction and Report Language) adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk memanipulasi teks dan sekarang digunakan untuk pengembangan web,
pemrograman jaringan, sistem administrasi, pengembangan GUI, dan tugas-tugas lain. Perl
banyak digunakan untuk menulis program web server untuk tugas-tugas seperti otomatis
memperbarui account pengguna dan posting newsgroup, pengolahan permintaan penghapusan, sinkronisasi database, dan menghasilkan laporan. Fitur utama Perl adalah mudah digunakan dan mendukung kedua prosedural dan pemrograman berorientasi objek.
Perl dikembangkan pada tahun 1987 oleh Larry Wall, dan menggabungkan sintaks dari beberapa Unix utilitas dan bahasa. Perl juga telah disesuaikan dengan non-Unix platform.

CGI (Common Gateway Interface)

CGI adalah protokol standar untuk antarmuka perangkat lunak aplikasi eksternal dengan web server; mengelola pertukaran informasi antara web server dan program komputer yang bersifat eksternal. Program eksternal dapat ditulis dalam bahasa pemrograman yang didukung oleh operasi sistem di mana web server berjalan. Bentuk, counter, dan guestbook adalah contoh umum dari program CGI yang memproses data yang diambil dari pengguna. Program CGI dapat membantu membuat halaman Web lebih interaktif.

Tcl (Tool Command Language)

Dibuat untuk platform Unix oleh John Ousterhout bersama dengan siswa di University of California di Berkeley, Tcl (diucapkan "tickle") ditafsirkan bahasa script dari Sun Microsystems. Hal ini sebanding dengan Netscape JavaScript dan Microsoft Visual Basic dan digunakan untukmengembangkan berbagai aplikasi, termasuk GUI, prototipe, dan skrip CGI. Tcl juga menyediakan antarmuka ke aplikasi dikompilasi (misalnya C dan C++).

Ruby

Dibuat oleh Yukihiro Matsumoto dan dinamai sesudah birthstone salah satu rekannya, bahasa
pemrograman Ruby sangat dasar dan benar-benar berorientasi pada objek; ini berarti setiap jenis data yang ditangani oleh bahasa diperlakukan sebagai objek. Kode sumber dapat diartikan oleh interpreter resmi Ruby atau dengan JRuby, juru berbasis Java. Ruby adalah bahasa open-source, yang berarti ia bebas untuk men-download dan menggunakan. Hal ini dapat dikompilasi dan dijalankan pada hampir semua sistem operasi, termasuk Unix, Windows, dan Mac OS X.  

PHP (Personal Home Page, atau PHP Hypertext Preprocessor) & R

PHP memungkinkan pengembang web untuk membuat konten dinamis yang berinteraksi dengan database. Aplikasi PHP biasanya ditemukan di server Linux dan dalam hubungannya dengan database MySQL. Awalnya dirancang untuk memproduksi web halaman dinamis. PHP digunakan bebas, tujuan umum bahasa scripting yang sangat cocok untuk pengembangan web dan dapat ditanamkan ke dalam HTML. Umumnya berjalan pada web server, mengambil kode PHP sebagai masukan dan menciptakan web halaman sebagai output. R adalah bahasa pemrograman lain yang populer digunakan oleh para ahli statistik dan data analis di aplikasi data mining. R gratis, open-source software mirip dengan C, Java, dan Perl yang pengguna dapat melakukan tugas-tugas dengan menggunakan kumpulan perintah daripada harus memahami "nyali" dari program bahasa.


Source: USING INFORMATION
Technology Ninth Edition
BRIAN K. WILLIAMS & STACEY C. SAWYER



EmoticonEmoticon