Thursday, November 10, 2016

Sub Chapter 6.4 JARINGAN TANPA KABEL

Tags

6.4 JARINGAN TANPA KABEL
Jaringan tanpa kabel atau wireless menjadi sangat populer populer
Spektrum Elektromagnetik, Frekuensi Radio, Spekrum & Bandwidh
Apa itu spektrum elektromagnetik, dan bagaimana gelombang elektromagnetik
Spekrum Gelombang Elekromagnetik

gelombang yang berbeda pada apa yang disebut spektrum elektromagnetik radiasi. Spektrum elektromagnetik radiasi adalah dasar untuk semua sinyal telekomonikasidilakukan oleh kedua media kabel dan nirkabel. Bagian dari spektrum elektromagnetik adalah frekuensi radio (RF) spektrum, bidang energi listrik dan energi magnetik yang membawa sebagian besar sinyal komunikasi.
BANDWITH Bandwidth adalah rentang, atau band, frekuensi yang media transmisi dapat dibawa dalam jangka waktu tertentu.

  • Narrowband:Narrowband, juga dikenal sebagai voiceband, digunakan untuk komunikasi telepon biasa.
  • Broadband: Broadband digunakan untuk mengirimkan data kecepatan tinggi dan highquality audio dan video.
WAP: WIRELESS APPLICATION PROTOCOL
Wireless Application Protocol (WAP) dirancang untuk menghubungkan perangkat hampir semua mobile untuk telekomunikasi Anda jaringan dan konten nirkabel carrier penyedia.
Lima Jenis Wireless Commonications Media
INFRARED TRANSMISSION Infrared transmisi nirkabel mengirimkan data sinyal menggunakan gelombang inframerah-cahaya pada frekuensi terlalu rendah (1-16 megabits per detik) untuk mata manusia untuk menerima dan menafsirkan.
BROADCAST RADIO media transmisi wireless yang mengirimkan data jarak jauh sampai dengan 2 megabit per detik - antar daerah, negara, atau negara.
CELLULAR RADIO radio selular secara luas digunakan untuk ponsel dan modem nirkabel menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi untuk mengirimkan pesan suara dan digital.
MICROWAVE RADIO microwave radio mentransmisikan suara dan data pada 45 megabit per detik melalui atmosfer sebagai gelombang radio superhigh-frekuensi yang disebut gelombang mikro, yang bergetar pada 2,4 gigahertz (2,4 miliar hertz) per detik atau lebih tinggi.
COMMUNICATIONS SATELLITES satelit komunikasi adalah stasiun relay microwave di orbit mengelilingi bumi.
CELLULAR RADIO radio selular secara luas digunakan untuk ponsel dan modem nirkabel menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi untuk mengirimkan suara dan pesan digital.
MICROWAVE RADIO microwave radio mentransmisikan suara dan data pada 45 megabit per detik melalui atmosfer sebagai gelombang radio superhigh-frekuensi yang disebut gelombang mikro, yang bergetar pada 2,4 gigahertz (2,4 miliar hertz) per detik atau lebih tinggi.
COMMUNICATIONS SATELLITES satelit komunikasi adalah stasiun relay microwave di orbit mengelilingi bumi.
  • GEO: Tingkat tertinggi, dikenal sebagai orbit bumi geostasioner (GEO), adalah 22.300 mil dan dan selalu langsung di atas khatulistiwa. Karena satelit di perjalanan orbit ini pada kecepatan yang sama seperti bumi, mereka muncul untuk pengamat di tanah menjadi stasioner dalam ruang-yaitu, mereka geostasioner.
  • MEO: Orbit menengah-bumi (MEO) adalah 5.000-10.000 mil. Hal ini membutuhkan lebih banyak satelit untuk cakupan global daripada GEO.
  • LEO: Orbit rendah bumi (LEO) adalah 200-1,000 mil dan tidak memiliki keterlambatan sinyal. satelit LEO mungkin lebih kecil dan jauh lebih murah untuk memulai.


SISTEM POSISI GLOBAL
Global Positioning System (GPS) terdiri dari 24-32 MEO satelit bumi yang mengorbit terus menerus mengirimkan sinyal radio timed yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi lokasi bumi.
Bagaimana GPS bekerja: dikembangkan oleh Militer AS dan diimplementasikan jaringan satelit ini pada tahun 1970 sebagai sistem navigasi militer, tetapi pada tanggal 1 Mei 2000, pemerintah federal membukanya untuk orang lain. Masing-masing 3.000 untuk 4.000-pon, satelit solarpowered ini mengelilingi bumi dua kali sehari pada ketinggian 11.000 mil laut. Sebuah penerima-genggam GPS atau dipasang di kendaraan, pesawat, atau perahu-dapat mengambil transmisi dari setiap empat satelit, menginterpretasikan informasi dari masing-masing, dan menentukan penerima bujur, lintang, dan ketinggian. Sistem ini akurat dalam 3-50 kaki, dengan 10 kaki menjadi norma. Sekitar setengah dari ponsel di Amerika Serikat memiliki GPS.
Penggunaan GPS: Selain teknologi di belakang mobil onboard sistem navigasi, GPS digunakan untuk kegiatan seperti truk pelacakan, bus, dan taksi; lokasi mobil curian; berorientasi pejalan kaki; dan membantu dalam survei. Sebuah kamera udara terhubung ke penerima GPS dapat secara otomatis menandai foto dengan koordinat GPS, menunjukkan di mana foto itu diambil, yang dapat berguna untuk surveyor, manajer kehutanan, tim penyelamat searchand-, dan arkeolog. GPS telah digunakan oleh para ilmuwan untuk menjaga satelit mengawasi gunung berapi Hawaii, Mauna Loa, dan untuk menangkap gerakan yang sangat kecil yang dapat digunakan untuk memprediksi letusan. Dalam satu teknologi, operator selular memiliki E911 (untuk "Enhanced 911") kemampuan yang dapat menemukan, melalui penerima GPS kecil tertanam di ponsel digital pengguna ', posisi setiap orang membuat darurat 911.
  • “Geocaching” penggemar berlatih suatu kegiatan di mana mereka menyembunyikan logam atau wadah plastik (cache) diisi dengan pena, pin, tang, dan pernak-pernik lainnya murah; memberikan lokasi nama yang lucu ("Indiana Jones Fortress of Doom"); dan posting koordinat GPS di website geocachers resmi '(www.geocaching.com).
  • Keterbatasan GPS: Tidak semua layanan berbasis teknologi GPS yang dapat diandalkan, karena setiap pengguna sering sistem pemetaan online (seperti yang dari MapQuest, Maps MSN dan Arah, Google Earth, dan Yahoo Maps) tahu sekarang. Memang, sekitar 1 di 50 arah computergenerated adalah tak berguna, menurut Doug Richardson, direktur eksekutif Asosiasi Geografer Amerika, sebagian besar karena informasi jalan yang tidak akurat.
PAGERS pager adalah penerima radio sederhana yang menerima data yang dikirim dari pemancar radio khusus.
Long-Distance Wireless: Komonikasi dua jalur
1G (GENERASI PERTAMA) CELLULAR SERVICE: PONSEL ANALOG ponsel analog yang dirancang terutama untuk berkomunikasi dengan suara melalui sistem sel tanah-daerah. Setiap sel heksagonal dalam bentuk, biasanya 8 mil atau kurang diameter, dan dilayani oleh sebuah menara transmitterreceiving.



2G (GENERASI KEDUA) WIRELESS SERVICES: PONSEL DIGITAL & PDAs layanan nirkabel digital - yang mendukung ponsel digital dan asisten pribadi digital - menggunakan jaringan menara seluler untuk mengirim komunikasi suara dan data melalui gelombang udara dalam bentuk digital.

3G (GENERASI KETIGA) LAYANAN DIGITAL NIRKABEL ponsel 3G terlihat lebih seperti PDA. 3G (generasi ketiga) layanan digital nirkabel, sering disebut teknologi broadband, didasarkan pada standar dan dukungan perangkat US GSM yang "selalu," membawa data pada kecepatan tinggi (144 kilobit per detik hingga 2,4 megabit per detik), menerima email dengan lampiran, menyediakan internet dan web akses, mampu menampilkan video warna dan gambar diam, dan bermain musik.

4G (GENERASI KEEMPAT) LAYANAN WIRELESS DIGITAL: WIMAX Standar terbaru, 4G (generasi keempat) layanan nirkabel, menggunakan standar yang dikenal sebagai WiMax (Worldwide Interoperability for Microwave Access), standar nirkabel mampu mentransmisikan pada kisaran khas 6-10 mil sampai dengan 20 megabit per detik . (Wi-Fi, yang populer standar jarak pendek, mirip dengan WiMax tetapi tidak mengirimkan sejauh.) Ada dua jenis WiMax, satu tetap dan satu ponsel.

Short-Range Wireless: Komunikasi Dua Arah

  • Local area networks—range 100–228 feet: These include the popular Wi-Fi standards.
  • Personal area networks—range 30–32 feet: These use Bluetooth, ultra wideband, and wireless USB.
  • Home automation networks—range 100–150 feet: These use the Insteon, ZigBee, and Z-Wave standards.

SHORT-RANGE WIRELESS UNTUK JARINGAN AREA LOKAL: WI-FI B, A, G, & N Wi-Fi dikenal secara resmi sebagai 802,11 jaringan, nama untuk standar teknis nirkabel ditentukan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Seperti yang telah disebutkan dalam Bab 2, Wi-Fi -
singkatan dari "wi reless fi delity" - adalah standar digital nirkabel jarak pendek yang bertujuan untuk membantu komputer portabel dan perangkat genggam nirkabel untuk berkomunikasi pada kecepatan tinggi dan berbagi koneksi internet pada jarak 100-228 kaki. Anda dapat menemukan koneksi Wi-Fi, yang beroperasi pada 2,4-5 gigahertz, kantor dalam, bandara, dan kafe internet, dan beberapa penggemar telah menyiapkan pemancar di atas atap, mendistribusikan koneksi nirkabel di seluruh lingkungan mereka.

Ada empat jenis Wi-Fi standar-Wi-Fi, Wi-Fi b, Wi-Fi g, dan Wi-Fi n:
  • Wi-Fi b, a, dan g: Dinamakan untuk variasi pada standar IEEE 802.11 (802.11b, 802.11a, 802.11g), ini semua biasanya mengirimkan pada kecepatan data mulai dari 11 megabit per detik hingga sekitar 126 kaki di dalam ruangan (untuk Wi-Fi b, yang lebih tua dan lebih lambat versi) ke 54 megabit per detik hingga 120 kaki (untuk Wi-Fi dan g).
  • Wi-Fi n dengan MIMO: Wi-Fi n-bila digunakan dengan teknologi yang disebut MIMO (diucapkan "my-moh" dan pendek untuk "multiple input multiple output"), yang memperluas jangkauan Wi-Fi dengan menggunakan beberapa transmisi dan menerima antena (bukan yang mengirim dan dua menerima antena khas untuk sebagian besar Wi-Fi) -adalah dapat mengirimkan pada 108-320 megabit per detik sampai sekitar 228 kaki.

JARINGAN NIRKABEL JARAK PENDEK UNTUK JARINGAN AREA PRIBADI: BLUETOOTH, WIDEBAND ULTRA, & USB NIRKABEL
  • Bluetooth: Bluetooth adalah digital nirkabel standar  jarak pendek yang bertujuan untuk menghubungkan ponsel, PDA, komputer, dan perangkat hingga jarak sekitar 30 kaki.
  • Ultra wideband (UWB): Dikembangkan untuk digunakan dalam sistem radar militer, ultra wideband (UWB) adalah teknologi yang menjanjikan yang beroperasi di kisaran 480 megabit per detik hingga sekitar 30 kaki yang menggunakan daya rendah. sumber untuk mengirimkan jutaan semburan energi radio setiap detik lebih banyak frekuensi yang berbeda, yang kemudian dipasang kembali oleh penerima UWB.

  • Wireless USB: USB nirkabel (WUSB) memiliki berbagai khas 32 kaki dan data rate maksimum 480 megabit per detik. USB nirkabel yang digunakan dalam permainan controller, printer, scanner, kamera digital, MP3 player, hard disk, dan flash drive.

SHORT-RANGE WIRELESS UNTUK JARINGAN RUMAH AUTOMATION: INSTEON, ZigBee, & Z-WAVE
  • Insteon: Insteon menggabungkan saluran daya listrik dan teknologi nirkabel dan mampu mengirimkan data pada 13,1 kilobit per detik pada kisaran khas 150 kaki. Dengan teknologi semacam ini, Anda mungkin berkendara ke rumah Anda, dan perangkat pintu garasi akan mengenali mobil Anda dan terbuka untuk membiarkan Anda. Lampu akan datang dan stasiun radio favorit Anda akan mulai bermain.

  • ZigBee: ZigBee adalah teknologi yang sama sekali nirkabel, sangat hemat daya yang dapat mengirim data pada 128 kilobyte per detik pada jarak sekitar 250 kaki. Hal ini terutama disebut-sebut sebagai teknologi jaringan sensor dan dapat digunakan dalam segala hal dari pembaca meter otomatis dan penginderaan medis dan perangkat pemantauan untuk detektor asap nirkabel dan kontrol remote TV. Salah satu fitur terbaik adalah bahwa hal itu dapat berjalan selama bertahun-tahun pada baterai murah, menghilangkan kebutuhan untuk dipasang ke garis listrik.

  • Z-Wave: Z-Wave juga teknologi yang sama sekali nirkabel, hemat daya, yang dapat mengirim data pada 127 kilobit per detik untuk jarak 100 kaki. Dengan rumah Z-Wave, Anda bisa program lampu untuk pergi pada saat pintu garasi terbuka. Anda bisa memprogram perangkat dari jarak jauh, memutar termostat pada perjalanan pulang dari kerja.






EmoticonEmoticon